Wednesday, 4 September 2019

Visi & Misi Perusahaan

Pengertian Visi Menurut Para Ahli :
  • Suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan instansi pemerintah. UU No.25 Tahun 2004 Pasal 1 angka 12
  • Pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Nawawi (2000:122)
  • Bayangan tentang masa depan organisasi, baik itu perusahaan atau lembaga (H. Dawan Rahardjo, Wawasan dan Visi (Pembangunan Abad-21).
  • Merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Wibisono (2006, p. 43).
  • Sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang ada. (Burt Nanus, Kepemimpinan Visioner).
  • Kemampuan memandang; kemampuan memahami apa yang akan diwujudkan di masa yang akan datang; ide yang ada dalam angan-angan tentang sesuatu (Dictionary Of Language and Culture, Longman).
  • Berkaitan dengan pandangan masa depan, menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat bekerja secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. (LAN, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).
  • Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:
  • Kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan apa yang tampak dalam khayal, penglihatan atau pengamatan. Atau kemampuan melihat gambaran / wawasan masa depan yang diinginkan berdasar penglihatan/pengamatan/perbandingan kondisi yang ada/ keadaan sekarang. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988).

Unsur- Unsur yang seyogyanya harus terpenuhi dalam sebuah visi setidaknya terdapat 4 unsur yaitu :
1. Dalam membuat visi harus berorientasi ke depan, 
2. Harus mengekspresikan kreatifitas, 
3. Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini, 
4. Berdasarkan pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Manfaat Visi
  • Menjembatani keadaan perusahaan masa sekarang dan masa depan.
  • Menumbuhkan rasa kebermaknaan. Salah satu tempat karyawan mencari makna kehidupan adalah lingkungan pekerjaannya.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Jika seorang karyawan memahami dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, dia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.
  • Menumbuhkan komitmen dan semangat kerja karyawan. Karyawan tidak akan bekerja dengan penuh antusias jika dia tidak tahu untuk apa dia bekerja. Namun, jika dia tahu apa kontribusi perusahaan pada masyarakat dia akan termotivasi bahwa dia bekerja bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.
  • Menumbuhkan standar kerja yang prima. Apabila seorang karyawan memahami bahwa dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, ia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.

Pengertian Misi
  • Tindakan strategis untuk meraih visi organisasi (Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan).
  • Apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Prasetyo dan Benedicta (2004:8).
  • Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Drucker (2000:87).
  • Merupakan langkah/kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi. (DR. Sapta Nirwandar, Makalah Seminar).
  • Tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb. (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
  • Tugas khusus yang menjadi tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang – specifc task a person or group is charged – (Webster Third New International Dictionary).
  • Merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Wibisono (2006,p.46)
  • Sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. (Lembaga Administrasi Negara, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).
  • Merupakan alasan mendasari eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya. Peter Drucker

Unsur-unsur yang sebaiknya terpenuhi dalam sebuah Misi diantaranya :
  • Memprioritaskan dan fokus terhadap beberapa kata yang dianggap paling penting.
  • Mengolah kata-kata sehingga menjadi sebuah kalimat yang paling tepat dan mampu menunjukkan kondisi perusahaan tersebut.
  • Melakukan kombinasi kata-kata yang sudah dipilih dalam bentuk kalimat atau paragraf yang bisa menjadi gambaran misi suatu perusahaan.
  • Melakukan proses penggalian ide dengan mengumpulkan beberapa kata yang dianggap paling mampu menunjukkan kondisi perusahaan.
Manfaat Misi
  • Memastikan tujuan dasar organisasi atau perusahaan.
  • Menciptakan kondisi atau iklim organisasi yang umum.
  • Menjadi landasan perencanan bisnis yang akan dikembangkan.
  • Membantu seseorang untuk bekerja sama dalam suatu kegiatan.
  • Menjadi titik utama bagi individu dalam mengidentifikasi tujuan dan arah organisasi
  • Menantang pesaing yang sudah ada dalam tingkat kemapanan untuk melakukan inovasi.
  • Membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang sesuai keputusan yang sesuai tujuan.
  • Memberikan tujuan dasar organisasi dan kemungkinan untuk menterjemahkan tujuan dasar, ini menjadi tujuan dalam bentuk sedemikian rupa hingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dievaluasi dan dikontrol.
Kegunaan visi dan misi :
  • Sebagai dasar pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya.
  • Sebagai penyatu tujuan, arah, dan sasaran dalam organisasi, lembaga ataupun perusahaan.
  • Sebagai pembentukan dan pembangunan budaya dalam perusahaan (Corporate culture).
Sumber : John A Pearche II- Richard B. Robinson, Jr Edisi 12 Bku.I

No comments:

Post a Comment

Lao Tzu

  Kata Bijak Kehidupan Lakukan hal-hal sulit selagi masih mudah & Lakukan hal-hal besar saat masih kecil. Perbuatan Besar berawal dari p...