Wednesday, 30 October 2019

Human Resources Manajement Strategy And Analysis

Strategy
Rangkaian Tindakan (a course of action).
Strategic Plan
Rencana perusahaan mengenai bagaimana perusahaan tersebut menyesuaikan kekuatan dan kelemahan internal dengan kesempatan dan ancaman eksternal yang bertujuan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
Strategic Management
Proses mengidentifikasi dan menjalankan rencana strategis organisasi dengan menyesuaikan kemampuan perusahaan yang disesuaikan dengan permintaan lingkungannya.

Jenis – Jenis Strategi
Strategi Korporat (Corporate Strategy)
Mengidentifikasi Portofolio Bisnis yang secara total, membentuk perusahaan dan cara bisnis-bisbis ini berhubungan satu sama lainStrategi Diversifikasi, Strategi Integrasi Vertikal, Ekspansi Geografis
Strategi Kompetitif (Competitive Strategy)
Mengidentifikasi cara membangun dan memperkuat posisi kompetitif jangka panjang unit bisnis dalam pasar.Kemempimpinan Biaya, Diferensiasi, Focus
Strategi Fungsional (Functional Strategy)
Mengidentifikasi aktifitas-aktifitas luas yang akan dikejar pleh setiap departemen untuk membantu bisnis mencapai sasaran kompetitifnya
Strategi Diversifikasi 
Perusahaan akan berekspansi dengan menambah lini produk baru
Strategi Integrasi Vertikal
Perusahaan berekspansi dengan memproduksi bahan bakunya sendiri, atau menjual produknya secara langsung
Ekspansi Geografis
Perusahan memasuki pasar territorial baru, misalnya, dengan membawa bisnis ke luar daerahnya
Kepemimpinan Biaya
Pmenjadi pemimpimpin berbiaya (pengeluaran) rendah dalam suatu industri
Deferensiasi
Perusahaan berusaha menjadi unik dalam bidang industrinya
Focus
Menawarkan produk atau jasa yang tidak bias diperoleh dari pesaing umum

Piramida Strategi Perilaku Praktik
Alat-alat MSDM Strategis
Strategy Map (Peta Strategi)
  • Memperlihatkan “gambaran besar” mengenai kinerja setiap departemen dalam mencapai rencana strategis perusahaan.
  • Membantu manajer dan setiap karyawan untuk menggambarkan dan memahami peran penting setiap departemen
HR Scorecard
  • Proses untuk menetapkan sasaran/metrik finansial dan nonfinansial terhadap aktivitas yang berkaitan dengan MSDM yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran strategis perusahaan.
  • Membantu manajer untuk mengukur hubungan antara aktivitas SDM, perilaku karyawan dan hasil kinerja strategis seluruh perusahaan
Digital Dashboard (Papan Instrumen Digital)
Menggambarkan dengan menggunakan grafik dan bagan mengenai dimana posisi perusahaan pada semua metrik dari proses kartu skor SDM

Proses Perencanaan Manajemen
1.Mendefinisikan Bisnis dan Tujuan 
2. Melakukan Audit Eksternal dan Internal
3. Membuat Opsi yang Strategis
4. Meninjau Opsi Strategis
7. Mengevaluasi Kinerja
6. Menerapkan Stategi
5. Membuat Pilihan Strategis


No comments:

Post a Comment

Lao Tzu

  Kata Bijak Kehidupan Lakukan hal-hal sulit selagi masih mudah & Lakukan hal-hal besar saat masih kecil. Perbuatan Besar berawal dari p...