Marketing Strategy
- Merupakan rencana jangka panjang yg dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannnya
- Dipakai untuk mencapai keunggulan kompetitif perusahaan
- Pemasaran dikelilingi oleh 3C : Costumers, Company, Competitors
- Marketing starategy itu berhubungan dengan: segmentasi, penetapan tujuan, keadaan perusahaan, branding, dan pasar campuran (Varadarajan; 2010)
Evolusi dari sustainability pasar
5 konsep dari pemasaran:
- Konsep Produksi: didasari untuk memenuhi ketidakpuasan permintaan dengan memproduksi lebih banyak dengan biaya lebih rendah
- Konsep Produk: berdasarkan oleh konsumen yang lebih menyukai produk berkualitas dengan kinerja dan fitur inovatif yang lebih baik
- Konsep Penjualan: bergantung pada penjualan dan promosi yang aggresif
- Konsep Pemasaran: berfokus pada pendekatan sentris konsumen yang dimana pemasaran harus didasarkan pada menciptakan komunikasi, dan memberikan nilai superior kepada pelanggan
- Konsep Pemasaran Sosial: didasarkan pada adanya pertimbangan social dan etika di dalam kegiatan pemasaran
Social and Societal Marketing
- Menurut Kolter dan Zaltman(1971), Pemasaran Sosial adalah desain, implementasi, dan pengendalian program yang dihitung untuk memengaruhi penerimaan ide sosial dan melibatkan pertimbangan dari perencanaan produk, penetapan harga, komunikasi, distribusi, dan riset pemasaran.
- Kategori:
- Corporate social marketing: berkaitan dengan "kampanye perubahan perilaku."
- Cause marketing: berkaitan dengan "mendukung penyebab sosial melalui sponsor dalam upaya promosi."
- Cause related marketing: berkaitan dengan "menyumbangkan persentase pendapatan untuk penyebab khusus berdasarkan penjualan produk selama periode tertentu."
- Corporate Philanthropy: bekaitan dengan "membuat kontribusi langsung untuk amal."
- Community Volunteering: berkaitan dengan "menyediakan layanan sukarela di masyarakat."
- Responsible Business Practice: berkaitan dengan “mengadopsi praktik bisnis dan investasi yang tidak berpihak yang mendukung penyebab sosial
Ecological Marketing
- Menurut Fisk (1974), Ecological Marketing (Pemasaran Ekologis) ini berfokus pada pengakuan dari Krisis ekologis yg akan datang dan keinginan serta kemampuan untuk menghindari krisis ini.
- Pendekatannya berdasarkan Societal marketing
- Menurut Henion dan Kinnear (1976), Pemasaran ekologis berkaitan dengan semua kegiatan pemasaran yang telah menyebabkan masalah ekologis dan yang dapat digunakan untuk menyediakan solusi untuk masalah ekologis.
- Masalah ekologi berkonsentrasi pada kehendak produsen untuk menjadi ramah lingkungan dan ini tidak mempertimbangkan permintaan dari konsumen.
Green Marketing
- Mintu dan Lozada (1993) mendefinisikan Green Marketing sebagai penerapan dari alat-alat pemasaran untuk memfasilitasi pertukaran yang akan membuat tujuan organisasi dan individu terpuaskan dengan menggunakan pemeliharaan, perlindungan dan pengawetan dari lingkungan
- Menurut Dam dan apeldoorn (1996), Green Marketing berfokus pada penarikan pasar dan dorongan legislatif menuju kinerja perusahaan yang lebih baik dan ramah lingkungan
Sustainable Vs Sustainability Marketing
Sustainable Marketing
- Merupakan Konsep Pemasaran Makro (Macro-Marketing Concept) yang maksudnya adalah pemasaran bagian dalam dan pendukung dari pembangunan ekonomi yang berkelanjutan
- Merupakan jenis pemasaran yang membangun hubungan dengan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang secara efektif – tanpa referensi khusus untuk pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) atau pertimbangan mengenai masalah berkelanjutan.
Sustainability Marketing
- Lebih eksplisit / tersirat dalam hal agenda pembangunan berkelanjutan dan juga didefinisikan sebagai pemasaran yang membangun dan memelihara hubungan berkelanjutan dengan pelanggan, lingkungan sosial dan lingkungan alam
Sustainability in Marketing Strategy
Traditional Marketing Mix (4P)
- Product
- Price
- Place
- Promotion
Sustainability Marketing Mix (4C)
- Customer Solution
- Customer Price
- Convenience
- Communication
Future Sustainability Marketing Strategy – Issues and Challenges
- Menurut Obermiller (2008), tujuan dari Sustainability Marketing adalah untuk mencapai keunggulan kompetitif melalui posisi/keadaan yang diinginkan, berbeda dan dapat dipertahankan
- Berdasarkan Sustainability Principles (Jones;2008), prinsip keberlanjutan dibutuhkan untuk melestarikan sumber daya dan untuk menggunakan sumber daya dengan seminimal mungkin, sementara di sisi lain, prinsip pemasaran mengatakan untuk menjual lebih banyak, yang berarti lebih banyak produksi, maka lebih banyak konsumsi sumber daya.
- Perlunya strategy yang menyeimbangkan keduanya
- Menurut Whiting (2008), Keberlanjutan di dalam strategi pemasaran tidak hanya membantu dalam keunggulan kompetitif tetapi juga dalam penghematan biaya dan inovasi. Bisa dibilang suatu perusahaan tidak dapat bertahan di pasar jika mereka tidak sustainable
- Tujuan dari Strategi Pemasaran Berkelanjutan (Sustainability Marketing Strategy) di masa depan harus difokuskan pada segmentasi, penargetan dan pemosisian pelanggan berdasarkan kriteria keberlanjutan (sustainability criteria) bersama dengan merancang pemasaran campuran berkelanjutan (sustainability marketing mix) untuk produk dan layanan, harga, distribusi dan promosi yang lebih baik.
No comments:
Post a Comment