Friday, 4 October 2019

Lingkungan Global


Perkembangan Perusahaan Global
Evolusi dari suatu perusahaaan gobal yang sering kali diikuti oleh kemajuan dari tingkatan strategi yang terlibat :
  1. Ekspor - Impor
  2. Lisensi Asing dan Transfer Teknologi3. Investasi dalam operasi luar negeri
Awal Globalisasi
Penilaian eksternal
Melibatkan pemeriksaan yang medalam terhadap fitur-fitur penting dan lingkungan global, terutama terhadap status negara tuan rumah dalam bidang-bidang seperti kemajuan ekonomi, kendali politik, dan nasionalisme.

Penilaian internal
Melibatkan identifikasi atas kekuatan-kekuatan dasar dari operasi suatu perusahaan.

Faktor yang Mempengaruhi Kompleksitas Lingkungan Global
  • Perusahaan global menghadapi berbagai lingkungan politik , ekonomi, hukum, sosial, dan budaya serta berbagai tingkat perubahan didalam masing-masing lingkungan tersebut.
  • Interaki antara lingkungan nasional dan luar negeri sangatlah rumit karena terdapat masalah mengenai kedaulatan negara serta kondisi ekonomi dan sosial yang jauh berbeda.
  • Pemisahaan geografis, perbedan budaya dan kewarganegaraan serta variasi dalam praktik bisnis cenderung membuat upaya komunikasi dan pengenalian antara kantor pusat dengan perusaaan-perusahaan afiliasinya di luar negri menjadi sulit.
  • Perusahaan-perusahaan global menghadapi persaingan yang ekstrem karena perbedaan dalam struktur industri antarnegara.
  • Perusahaan-perusahaan global memiliki keterbatasan dalam pilihan strategi kompetitifnya yang diakibatkan oleh berbagai blok regional dan ekonomi, seperti masyarakat Ekonomi Eropa-MEE, Area Perdagangan Bebas Eropa, dan Area Perdagangan Bebas Amerika Latin.
Masalah Pengendalian Perusahaan Global
  • Kebijakan keuangannya biasanya dirancang untuk meraih sasaran induk perusahaan dan tidak begitu memperhatikan sasaran dari negara tuan rumah.
  • Lingkungan keuangan yang berbeda membuat standar normal dari perilaku perusahaan berkaitan dengan disposisi laba, sumber pendanaan dan struktur modal kerja menjadi lebih problematik.
  • Adanya perbedaan-perbedaan penting dalam sistem pengukuran dan pengendalian.
PERENCANAAN STRATEGIS GLOBAL
A. Industri Multidomestik
Industri dimana persaingan tersegmentasi dari satu negara ke negara lain. Contoh: industri ritel, asuransi, dan pendanaan konsumen.

Faktor-faktor yang meningkatan derajat sifat multidomestik dari suatu industri:
  • Kebutuhan akan produk-produk khusus untuk memenuhi selera dan preferensi pelanggan lokal
  • Fragmentasi industri, dengan banyak pesaing di setiap pasar nasional.
  • Kurangnya skala ekonomis dalam aktivitas-aktivitas fungsional dari perusahaan-perusahaan di industri tersebut
  • Saluran distribusi jaringan yang unik di setiap negara
  • Tingkat kebergantungan teknologi yang rendah dari anak pperusahaan terhadap penelitian dan pengembangan yang disediakan oleh perusahaan global
B. Industri Global
Industri di mana persaingan melintasi batas negara
6 alasan perencanaan manajemen strategis harus menjadi global:
  1. Lingkungan tugas manajemen global yang semakin luas.
  2. Globalisasi perusahaan yang semakin meningkat.
  3. Ledakan informasi.
  4. Persaingan global yang semakin meningkat.
  5. Perkembangan teknologi yang pesat.
  6. Perencanaan manajemen strategis menumbuhkan kepercayaan diri pada manajemen.
C. Persyaratan Pasar dan Karakteristik Produk
  • Penerimaan pelanggan atas produk standard 
  • Tingkat inovasi produk yang diinginkan
  • Bisnis telah menemukan bahwa keberhasilan di pasar asing sering kalimenuntut lebih dari sekedar mengirimkan produk perusahaan yang telahditerima dengan baik secara domestik keluar negeri. Perusahaan-perusahaan harus menilai dua dimensi utama dari permintaan pelanggan:penerimaan pelanggan atas produk standar dan tingkat inovasi produkyang diinginkan.
Lima Faktor yang menciptakan industri global:
  1. Skala ekonomi dalam aktivitas-aktivitas fungsional dari perusahaan-perusahaan di industri tersebut.
  2. Tingginya pengeluaran penelitian dan pengembangan atas produk sehingga memerlukan lebih dari satu pasar untuk menutup biaya tersebut.
  3. Adanya industri yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan global yang mengharapka konsistensi produk dan jasa lintas pasar.
  4. Adanya kebutuhan produk yang homogen lintas pasar, yang mengurangi kebutuhan untuk menyesuaikan produk untuk setiap pasar. Adanya sekelompok kecil pesaing global.
  5. Rendahnya peraturan perdagangan dan peraturan mengenai investasi asing langsung.
Indikator Strategi Global
Tedapat beberapa indikator yang bisa menjadikan suatu strategi menjadi global diantaranya yaitu:
  • Pesaing utama di pasar utama bukan dari negara itu sendiri dan ada di berbagai negara.
  • Biaya dapat diturunkan dan efektifitas dapat ditingkatkan oleh adanya pemilihan lokasi yang terdapat aktifitas nilai tambahnya di negara yang berbeda.
  • Standardisasi dari beberapa elemen produk atau strategi marketing tersedia peluang untuk mencapai skala ekonomi.
  • Pesaing mempunyai potensi untuk menggunakan volume dan labanya dari suatu pasar untuk mensubsidi perolehan posisi lainnya.
  • Jika pasar lokal bukan sebagai syarat produk atau servise untuk perusahaan yang mempunyai keunggulan beroperasi lokal.
  • Penghalang perdagangan sebagai penghalang utama untuk memasuki pasar. Suatu nama merk global dapat menjadi keunggulan.
Alasan yang mendasari Perusahaan menjadi Global
Mengurangi Biaya: 
Banyak cara yang telah dilakukan oleh perusahaan yang beroperasi secara  internasional untuk dapat mengurangi berbagai biaya antara lain dengan:
  • Pemilihan lokasi yang menyediakan biaya tenaga kerja rendah. 
  • Peraturan pemerintah yang lebih longgar
  • Pengurangan pajak dan tarif mendorong operasi di negara lain
  • Pembentukan zona perdagangan bebas
  • Perjanjian dagang, sehingga membantu mengurangi tariff 
Memperbaiki Rantai Pasokan: 
Dengan menempatkan fasilitas di negara dimana sumber daya tertentu berada  maka pengelolaan manajemen rantai pasokan dapat lebih terjamin.Sumber daya ini bisa jadi berupa keahlian, pekerja, atau bahan baku
Menyediakan Barang & Jasa yang lebih baik: 
Karena karakteristik produk yang diinginkan konsumen sangat bervariasi dan  ditentukan oleh masing-masing lokasi maka banyak perusahaan yang beroperasi  secara internasional menempatkan diri di negara dimana produknya dipasarkan  misalnya disesuaikan dengan budaya yang berlaku
Menarik Pangsa Pasar Baru: 
Pemahaman tentang pasar tidak hanya membantu meningkatkan penjualan, tetapi juga menjadikan organisasi tersebut mampu melayani pelanggan yang beragam dan memperlancar siklus bisnis. Seperti perusahaan yang wilayah pemasarannya di dalam negeri sudah terbatas maka dapat  memanfaatkan pasar luar negeri yang masih terbuka.
Belajar Untuk Memperbaiki Operasi: 
Banyak perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain dari negara  lain untuk alih teknologi, mengadakan riset bersama ataupun kerjasama dalam desain  serta kegiatan operasional lainnya.
Mendapatkan dan Mempertahankan Bakat Global: 
Perusahaan yang memiliki karyawan yang baik, dapat memberikan kesempatan  karir yang lebih baik dengan cara beroperasi secara global sehingga dapat  memper tahankan karyawa. Ketika ekonomi memburuk di satu negara atau benua, sebuah perusahaan global dapat memindahkan karayawan yang tidak dibutuhkan di satu lokasi ke lokasi yang lebih baik.
Membagi Resiko :
Faktor melekat yang mempengaruhi banyak perusahaan global adalah bahwa kebijakan keuangannya biasanya dirancang untuk meraih sasaran induk perusahaan dan tidak begitu memperhatikan sasaran dari Negara tuan rumah. Bias ini menimbulkan konflik antara berbagai bagian dari perusahaan global tersebut, antara prusahaan secara keseluruhan dengan Negara asal dan Negara tuan rumah, dan antara Negara asal dengan Negara tuan rumah itu sendiri. Konflik ini diperkuat dengan digunakannya berbagai scenario untuk memindahkan laba dari satu Negara ke Negara lain guna menghindari pajak, meminimalkan risiko, atau untuk mencapai tujuan-tujuan lain.

Strategi Kompetitif Perusahaan di Pasar Asing
  • Ekspor untuk Ceruk Pasar
  • Lisensi dan Kontrak Manufakturing
  • Waralaba
  • Ventura Bersama
  • Cabang di Luar Negeri
  • Investasi Penyertaan Saham
  • Anak Perusahaan dengan Kepemilikan Penuh
Sumber : John A Pearche II- Richard B. Robinson, Jr Edisi 12 Bku.I

No comments:

Post a Comment

Lao Tzu

  Kata Bijak Kehidupan Lakukan hal-hal sulit selagi masih mudah & Lakukan hal-hal besar saat masih kecil. Perbuatan Besar berawal dari p...